Jangan Ngaku Suka Banget sama Tamiya Kalau Nggak Tahu 7 Fakta Penting Ini!

Kenal sama Dash Emperor atau Magnum Saber? Selamat, artinya kamu sudah cukup tua saat ini. Haha! Dua karakter tadi memang terkenal banget di era tahun 1980-an akhir dan 1990-an lewat sebuah mobil-mobilan bernama Tamiya. Rasanya jaman itu, semua anak pengin punya Tamiya, otak-atik mobilnya, dan ngadu sama temen buat lihat mobil siapa yang paling keren.
Nah, setahun terakhir, ternyata Tamiya mulai hits lagi! Di balik keseruan koleksi, modifikasi, sampai balapan, kamu harus tahu beberapa poin penting soal mobil kecil ini biar kamu dianggap penggemar Tamiya sejati.

Bukan Tamiya Namanya

Sesungguhnya, Tamiya itu adalah nama merk! Tamiya memang merk dari perusahaan pencipta mainan mobil kecil tersebut. Tapi nama sebenernya mobil kecil ini adalah Mini 4WD (4 wheels-drive). Kenapa 4WD? Soalnya dalam konsep aslinya, Tamiya itu memang dirancang semua rodanya bergerak.
Merk Tamiya sendiri sudah terbukti terjamin kualitasnya. Plastiknya kuat dan nggak gampang patah atau rusak. Tapi memang sih buat satu mobil Mini 4WD bermerk Tamiya ini terbilang mahal, rata-rata sekitar Rp100-150 ribu untuk yang standard aja. Yaa.. buat tipe-tipe orang yang “biar punya” gitu aja. Kalau edisi spesial atau yang tergolong langka di Indonesia, seperti seri Dash Emperor tertentu, harganya bisa mencapai Rp1 juta!

Yang Paling Keren, Bagus, dan Banyak Dicari Orang

Asal kamu tahu, orang-orang yang mau beli Tamiya rata-rata yang dicari bukan seri tertentu lho, melainkan chasis yang dipakai. Yang paling sering dicari itu adalah seri Tamiya yang menggunakan chassis TZ (Super TZ atau TZ-X). Contohnya, Beat Magnum, Buster Sonic, dan beberapa seri lainnya. Rata-rata yang sering pakai Tamiya dengan chasis ini punya alasan daya tahan chasissnya yang kuat dan seimbang.

Ada Tiga Kelas Balapan

Saat ini ada tiga kelas balapan untuk mobil Mini 4WD, yaitu STB (Standard Tamiya Box), STO (Standard Tamiya Original), dan Japan Style. Sebenernya STO dan Japan Style nggak jauh beda, tapi Japan Style lebih keren dan stylish aja tampilannya.
STB itu benar-benar balapan dengan mobil Mini 4WD yang semua partsnya dari box yang kita beli. Kita cuma boleh ganti atau modifikasi ban, roller plastic, sama dinamo aja. Benar-benar biasa banget. Tapi kelas ini terbilang banyak peminatnya karena semua orang punya kesempatan yang sama buat menang.

http://mozaic.co.id/male/jangan-ngaku-tahu-suka-banget-sama-tamiya-kalau-nggak-tahu-7-fakta-penting-ini/
Latest


EmoticonEmoticon